Penggunaan Layanan Konseling Kelompok teknik REBT untuk Mengurangi Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas VII

Rian Affandi, Yusmansyah Yusmansyah, Ratna Widiastuti

Abstract


The objective of the research was to decrease students aggressive behavior by using group counseling. It was a quasi experimental in form of one group pretest-posttest, and the data statistically by using the non-parametric Wilcoxon test. The subjects were 5 students of seventh grade of seventh grade of SMP N 2 Kotagajah who had high aggressive behavior. The result of data analysis showed that with = -2,366 < = 0,018, p = 0,018 < 0,05, that mean Ho was rejected and Ha was accepted, and the data analysis showed that there was a significant improvement of aggressive behavior with the score 20,44%. Students aggressive behavior could be decreased by using group counseling services in class at Seventh Grade Of SMP N 2 Kotagajah Central Lampung In Academic Year of 2016/2017

Tujuan penelitian adalah mengetahui penurunan perilaku agresif pada siswa menggunakan layanan konseling kelompok teknik REBT. Metode penelitian yang digunakan quasi experimental dengan desain one group pretest-posttest, dianalisis dengan uji Wilcoxon. Subyek penelitian sebanyak 5 orang siswa yang memiliki perilaku agresif tinggi. Hasil analisis statistik menunjukkan = -2,366 < = 0,018, p = 0,018 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat penurunan yang signifikan perilaku agresif siswa sebelum dan setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik REBT setara dengan 20,44%. Kesimpulan penelitian ini adalah perilaku agresif siswa dapat dikurangi melalui layanan konseling kelompok teknik REBT pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kotagajah Tahun Pelajaran 2016/2017.

Kata kunci: perilaku agresif, konseling kelompok, bimbingan dan konseling


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fadhillah, S. 2011. Hubungan antara Kemampuan pengelolaan emosi dengan perilaku agresif siswa. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak diterbitkan.

Fagan. 2006. Psikologi Remaja. Jakarta: PT Gramedia.

Handayani, S. 2004. Mereduksi Perilaku Agresif Anak Melalui Permainan. Semarang: UNNES.

Harnito, C. 2008. Makalah Perkembangan Sosial Anak. Bandung: FIP UPI.

Kursin. 2005. Kefektifan Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Panti Pamardi Putra Mandiri Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang: Tidak diterbitkan.

Myers, D.G. 2002. Psikologi Sosial. (Terjemahan : Mursalin, Dinastuti). Jakarta : Erleangga.

Natawidjaya, R. 2009. Konseling Kelompok Konsep Dasar dan Pendekatan. Bandung : Rizqi Press.

Pidarta, M. 2000. Landasam Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Safaria, T. 2004. Terapi Kognitif-Perilaku untuk Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sarwono, S.W & Meinarno, E. A. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Humaneka Salemba.

Sobur. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana. 2005. Metode Statistik kuantitatif dan kualitatif edisi ke enam. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif Kuantitatif R&B.. Bandung: Afabeta.

Sukardi, 2000. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Romlah, T. 2006. Teori dan prosedur Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Vitalis DS, 2008. Layanan Konseling Kelompok. Diktat Mata Kuliah Bimbingan Konseling. Madiun: IKIP PGRI.

Winkel, W.S. dan Hastuti, S. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Winkel, W.S. dan Hastuti, S. 2008. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.