Penggunaan Konseling Client Centered Dalam Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa

Emma Lusiana, Muswardi Rosra, Ratna Widiastuti

Abstract


The problem of this research was the self concept. The purpose of this research was to find out the use of client centered counseling in improving the students' positive self-concept at the class X of SMK Kesehatan YPIB Tumijajar in academic year 2016/2017. This research was a descriptive qualitative research by using a case study. The subjects of this research were three students who have a low self-concept. Questionnaire and interview were used to collected the data. The data were analyzed by using data reduction, data presentation, and data verification. The result showed that the use of Client Centered counseling could be used in improving the students' positive self concept. This was evidenced by the change of the three subjects after counseling. It could be concluded that Client Centered counseling could be used to improve the students positive self-concept.

Masalah dalam penelitian ini adalah konsep diri. Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan konseling client centered dalam meningkatkan konsep diri positif siswa kelas X SMK Kesehatan YPIB Tumijajar tahun pejaran 2016/2017. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Subjek penelitian ini tiga siswa yang memiliki konsep diri positif rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode skala dan wawancara. Teknik analisis data, yaitu: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian konseling client centered dapat digunakan dalam meningkatkan konsep diri positif siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan ketiga subjek setelah pelaksanaan konseling. Simpulan penelitian ini adalah konseling client centered dapat digunakan dalam meningkatkan konsep diri positif siswa.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, client centered, konsep diri


Full Text:

PDF

References


Ardani, T .A. 2011. Psikologi Abnormal. Bandung: CV. Lubuk Agung.

Dahlan, S. 2013. Konseling Individual. Bandarlampung : AURA.

Dariyo, A. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung : PT Refika Aditama

Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitri. A. 2012. Penggunaan Pendekatan Client Centered dalam Meningkatkan Konsep Diri Pada Siswa Kelas VII H MTS Negeri Kedondong. Jurnal. Bandar Lampung : Universitas Lampung

Hurlock ,E . 2004. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: Erlangga.

Koestoro, B & Basrowi. 2006. Strategi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Surabaya: Yayasan Kampusina.

Komalasari, G.,Wahyuni, E., Gantina. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.

Monks, F.J. 2002. Psikologi Perkembangan (Pengantar dalam Berbagai Bagiannya). Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Prayitno & Erma, A. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rieneke Cipta.

Rakhmat, J. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sarwono. 2012. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D).Alfabeta: Bandung.

Sukardi, D. K. 2002. Pengeantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling.Jakarta: Rineka Cipta

Thalib, S.B. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Willis, S. 2004. Konseling Individual teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.