Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Belajar Siswa

Yulianton Ashzar Ibrahim, Yusmansyah Yusmansyah, Diah Utaminingsih

Abstract


The research objective was to determinethe increase instudents learning self confidence using group counseling services. The data collection technique was the scale of learning self-confidence. The subjects ofthe study were 7 students who had low confidence in learning. Statistical analysis showed zhit=-2.371<ztab =1.645, then Ho was rejected and Ha accepted and the result of this research showed increasing 34%.This meant that were significant differences between self-confidencein the learning of students before and after a given group counseling services. Conclusion of this research that self-confidence in students learning could be enhanced using group counseling services in class VIII National JHS 11Bandar Lampung in academic year 2016/2017.

Tujuan penelitian adalah mengetahui peningkatan rasa percaya diri dalam belajar pada siswa dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok.Teknik pengumpulan data menggunakan skala percaya diri. Subyek penelitian sebanyak 7orang siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Bandar Lampung yang memiliki rasa percaya diri rendah dalam belajar. Hasil analisis statistik menunjukkan zhit = -2,371<ztab = 1,645, maka Ho ditolak dan Ha diterima dan hasil analisis memperlihatkan peningkatan sebesar 34%. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara rasa percaya diri dalam belajar siswa sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Kesimpulan penelitian ini adalah rasa percaya diri siswa dalam belajar dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017.

Kata kunci: bimbingan kelompok, bimbingan konseling, dan rasa percaya diri dalam belajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung: Rineka Cipta.

Hakim, T. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri.Jakarta: Puspa Swara

Romlah,T.2006.Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok.Malang:Universitas Negeri Malang

Seniati, L. 2008. Psikologi Eksperimen. Jakarta: Indeks

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi, D. K.2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah.Jakarta: PT.Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.