PENGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII

M Fiqri Alexander, Giyono Giyono, Diah Utaminingsih

Abstract


The purpose of this research was to know the increasing of students study independence using group guidance service. The research problem was students who have low study independence. The research method was quasi experimental by using one group pretest and posttest design, and the data analysis was using wilcoxon test. The data collection technique was using learning independence scale. The result indicate showed that there is an thereafter on students learning independence as much as 31,806% and Zoutput<Ztable (-2,803<1,645) so Ha was received and Ho rejected. The conclusion of research is students learning independence can be inreased by using group guidance services.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa menggunakan layanan bimbingan kelompok. Masalah penelitian ini adalah kemandirian belajar siswa yang rendah. Metode penelitian ini adalah metode quasi eksperimental dengan menggunakan one group pretest and postest design, kemudian dianalisis menggunakan uji wilcoxon. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemandirian belajar siswa sebesar 31,806% dan Z output < Z tabel (-2,803<1,645), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah kemandirian belajar siswa dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, kemandirian belajar


Full Text:

PDF

References


Ali, M. & Asrori, M. 2006. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung : Rineka Cipta

Azwar, S. 2013. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Gea, Antonius Atosakhi, dkk. 2003. Character Building 1 Relasi dengan Diri Sendiri (edisi revisi). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Prayitno .2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktik. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tirtarahardja, U. & Sulo, L. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.