PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Ida Santika, Yusmansyah Yusmansyah, Ratna Widiastuti

Abstract


The problem of this study was there were any influence of democratic parenting toward learning independence. The aim of this study was to know the influence of democratic parenting students learning independence. The method of study was quntitatif. The population of this study were 227 students and the smple of the study was 25% of them, or 60 students, that choosen by sample random sampling. The result showed that there is an influence between democratic an parenting to students learning independence. The result of this study showed that there was correlation democratic parenting to students learning independence of simple linear regression there was coeficiant correlation 0,939 and determination was 0,879 and 87,9%. Thus was that democratic parenting as contribution 87,9% to the a conclusion leaerning independence in the significancy level = 0,002; p < 0,005.

Permasalahan penelitian adalah apakah ada pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap kemandirian belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap kemandirian belajar siswa. Metode penelitian bersifat kuantitatif. Populasi berjumlah 227 siswa dan sampel penelitian 25% atau sebanyak 60 orang siswa dipilih dengan teknikrandom sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap kemandirian belajar siswa. Hal ini ditunjukkan hasil korelasi pola asuh demokratis orang tua dengan kemandirian belajar dengan regresi linear sederhana di dapatkan nilai koefisien korelasi 0,722 sedangkan nilai koefisien determinasi diperoleh adalah 0,647 atau 64,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan pola asuh demokratis orang tua memiliki kontribusi sebesar 64,7% terhadap variable kemandirian belajar dengan nilai signifikan p = 0,002 ; p < 0.05.

Kata kunci: bimbingan konseling, kemandirian belajar, pola asuh.

Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2004. Psikologi Remaja (Perkembangan Pesrta Didik). Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti. 2005. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa. Jurnal Psikolog.

Azwar, S. 2001. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Azwar, S. 2013. Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bahri, S. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Basri, H. 2000. Remaja Berkualitas (Problematika Remaja dan Solusinya) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dariyo, A. 2004. Psikologi Perkembangan Remaja. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Soeparno, S. 2000. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Surya, H. 2003. Kiat Mengajak Anak Belajar dan Berprestasi, Jakarta: PT. Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.