PENINGKATAN SELF REGULATION DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII

Sifha NI Najmah, Yusmansyah Yusmansyah, Diah Utaminingsih

Abstract


The aim of this research was to identify whether the self regulation could be optimized by using group guidance service. The method used was quasi experimental method with one group pretest and posttest design. Technique in collecting the data was by using self regulation scale. The calculation result of Wilcoxon test showed that zoutput = - 2668 < ztable = 6. then Ha is accepted and H0 is rejected. The conclusion of this result is self regulation can be increased by using group guidance service at the VIII grade students of SMPIT Daarul Ilmi Bandar Lampung academic year 2015/2016.


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bahwa self regulation siswa dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan one group pretest and posttest design. Teknik pengumpulan data adalah skala self regulation. Hasil analisis data dengan uji Wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest self regulation menunjukkan bahwa z hitung = -2,668 < z table = 6, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya adalah self regulation dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMPIT Daarul Ilmi Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci : bimbingan kelompok, bimbingan dan konseling, self regulation



Full Text:

PDF

References


Boeree, C. George. 2008. Personality Theories.Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Fudyartanta, Ki. 2012. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Geldard, Kathryn., Geldard, David. 2013. Menangani Anak dalam Kelompok. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno dan Amti. E. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. 2004. Seri Layanan Konseling: Layanan Bimbingan Kelompok, Konseling Kelompok. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan dan Konseling Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Schunk, Dale H., Pintrich, Paul R.,dkk. 2012. Motivasi dalam Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Aplikasi. Jakarta: PT Indeks.

Sukardi, D.K. 2007. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Susanto, Handi. 2006. Mengembangkan Kemampuan Self-Regulation untuk Meningkatkan Keberhasilan Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 07, 64 71.

Winkel, W.S, & Hastuti, M.M. 2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.