PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATAN SELF ESTEEM PADA SISWA KELAS XI

Qomarul Hasanah, Yusmansyah Yusmansyah, Diah Utaminingsih

Abstract


The purpose of this research was to find out whether group counseling service can increase self esteem. Research problem was the low self esteem of the student. This research was a pre-experimental method with one group pretest-posttest design. The research subjects were 7 students who have low self esteem. Data collection technique was using self esteem scale. The result of data analysis was using the Wilcoxon test, from the results of pretest and posttest of the students self esteem showed that z count = -2,371 < z table = 1,645, it means that Ho was rejected and Ha was accepted. The conclusion of this research was, group counseling service can increase self esteem student of XI grade students in SMA Negeri 2 Menggala acadmic year of 2015/2016.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa layanan konseling kelompok dapat meningkatkan self esteem siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah self esteem siswa yang rendah. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 7 siswa yang memiliki self esteem rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala self esteem. Hasil analisis data dengan uji Wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest self esteem siswa menunjukkan bahwa z hitung = -2,371 < z tabel = 1,645, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah layanan konseling kelompok dapat meningkatkan self esteem siswa pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Menggala tahun ajaran 2015/2016.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, konseling kelompok, self esteem


Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifudin. 2014. Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Burns Alih Bahasa Eddy. 1979. Konsep Diri (teori, pengukuran, perkembangan dan perilaku). Jakarta: Arcan.

Evita, T.O.A. 2014. Peningkatan Self Esteem Siswa Kelas X Menggunakan Layanan Konseling Kelompok. Universitas Lampung.

Freist, Jess & Feist. Gregory J. 2011. Teori Kepribadian Theories of Personality. Jakarta: Salemba Humanika.

Giyono.2015. Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Media Akademi.

Kurnanto, M. Edi. 2013. Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsu, Yusuf L.N. dan Sugandi, N.MM. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Widiyastuti, Yeni. 2014. Psikologi Sosial. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.