HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP

Jumiyanti Jumiyanti, Yusmansyah Yusmansyah, Ratna Widiastuti

Abstract


The objective of this research was to determine the relationship between peers interaction and learning motivation with learning achievement. The method was a quantitative study with a correlational design, and analyzed using product moment correlation. Sample of this research were 90 students. The analysis data showed that there was 1) a significant relationship between peers interaction and learning achievement with indeks rxy = 0.434 > rtable 0,207; which means that Ho was rejected and Ha was accepted, 2) there was a significant relationship between learning motivation and learning achievement with indeks rxy = 0.349 > rtable 0,207; which means that Ho was rejected and Ha was accepted, 3) there was a significant relationship between peers interaction and learning motivation and learning achievement with indeks rxy = 0.446 > rtable 0,207; which means that Ho was rejected and Ha was accepted.

Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dan motivasi belajar dengan prestasi belajar. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelasional, kemudian dianalisis menggunakan statistik parametrik korelasi product moment. Sampel penelitian sebanyak 90 siswa. Hasil penelitian menunjukkan 1) ada hubungan yang signifikan antara interaksi teman sebaya dengan prestasi belajar dengan indeks rxy =0,434 > rtabel = 0,207; maka Ho ditolak dan Ha diterima, 2) ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar dengan indeks rxy =0,349 > rtabel = 0,207; maka Ho ditolak dan Ha diterima, 3) ada hubungan yang signifikan antara interaksi teman sebaya dan motivasi belajar dengan prestasi belajar dengan indeks rxy =0,446 > rtabel = 0,207; maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata kunci : interaksi teman sebaya, motivasi belajar, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi & Widodo. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Goleman, Daniel. 2000. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

______________ 2002. Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Haditomo, Siti R. 2004. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hurlock, Elizabeth B. 1995. Psikologi Perkembangan Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.

Sardiman, A. M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Santosa, Slamet. 2009. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.

Santrock, John W. 2007. Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Suryabrata, Sumadi. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel, W.S. 2003. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Media Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.