PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS VIII

Leo Iskandar, Giyono Giyono, Ratna Widiastuti

Abstract


The purpose of this research was to know whether group guidance services can be used to increase the interpersonal communication skills of students. The research problem was that students had interpersonal communication skills. This research method was a pre-experimental one group pretest and posttest design. The research subjects were 11 students who had interpersonal communication skills. The data collection technique was using observation. The data analysis was using Wilcoxon test. It showed that students interpersonal communication skills increased 40.22 % and the Zcount=-2.935 < Ztable=1.645. So H0 was rejected and Ha was accepted, it means that students interpersonal communication skills could be increased by using group guidance service.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa layanan bimbingan kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Metode penelitian ini adalah metode pre-eksperimental dengan menggunakan one group pretest and postest design. Subjek penelitian sebanyak 11 siswa yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data dengan menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal siswa sebesar 40,22 % dan Z hitung = -2,935 < Z tabel= 1,645 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya penggunaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa.

Kata kunci : bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, komunikasi interpersonal


Full Text:

PDF

References


Alvonco, J. 2014. Practical Communication Skill. Jakarta: Elex Media Komputindo

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung: Rineka Cipta.

Hartinah, S. 2009. Konsep Dasar Bimbingan dan Kelompok. Bandung: Refika Aditama

Liliweri, A. 2014. Sosiologi dan komunikasi organisasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.

Romlah, T. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Malang.

Sukardi, D.K. 2002. Pengantar pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan kompetensi dan praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara

Supratiknya, A. 1995. Tinjauan Psikologis Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Kanisius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.