PENINGKATAN DISIPLIN SISWA MENGGUNAKAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN BEHAVIOR SISWA SMP KELAS VIII

F. Ivana Yudiastri, Yusmansyah Yusmansyah, Ranni Rahmayanthi

Abstract


The purpose of this study was to increase the students discipline at school by using group counseling service. This research was a quasi-experimental design with one group pretest-posttest design. The research subjects were 10 students who have an undiscipline behavior. The data were collected by using observation method. The result of data analysis by using the Wilcoxon test, the results of pretest and posttest, the students is an discipline in schools showed that t count = -2,831 < t table = 1,645, it means that Ha was acceptable and there improvement of students discipline after being participated in group counseling using behavior approach. It means that the students discipline at school can be improved using group counseling services with behavior approach.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan disiplin siswa di sekolah dengan cara menggunakan layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavior. Penelitian ini bersifat quasi eksperimental design dengan jenis one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 10 siswa yang memiliki perilaku tidak disiplin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil analisis data dengan uji Wilcoxon, dari hasil pretest dan posstest kedisiplinan siswa di sekolah menunjukkan bahwa t hitung = -2,831 < t tabel = 1,645, maka Ha diterima artinya terjadi peningkatan perilaku disiplin setelah mengikuti layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavior. Artinya disiplin siswa di sekolah dapat ditingkatkan menggunakan layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavior.

Kata kunci : bimbingan dan konseling, konseling kelompok, disiplin


Full Text:

PDF

References


Gunawan, H. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta

Komalasari. G, Wahyuni. E, dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik konseling. Jakarta Barat: Indeks

Koswara, E. 2009. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama

Mungin, W. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UPT Unnes Press.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi, D. K. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Suryabrata, S. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Tololiu, D. 2005. Meningkatkan Disiplin Siswa Melalui Bimbingan Individual Skripsi. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo

Tulus, T. 2004. Peran dan Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.